Selasa, 13 November 2012

Tahu Tek Surabaya

Edisi - Kuliner Surabaya
Tahu telor tambah bumbu petis kacang

Apa sih makanan khas surabaya? Favorit saya adalah tahu tek!! Tahu tek adalah tahu (bisa juga dicampur telor) yang dihidangkan dengan bumbu campuran kacang dan petis. Bukan Tahu tek kalau tidak pakai toge dan kerupuk.



Kenapa sih namanya tahu tek?

"Tek" di sini sebenarnya adalah ciri khas dalam pembuatannya yang menggunakan gunting untuk memotong tahu. sehingga mengeluarkan bunyi tek tek tek. Nggak tau bener atau salah yang penting rasanya maknyos!!

Salah satu tahu tek yang terkenal di Surabaya adalah Tahu Tek Pak Ali di Jalan Dinoyo. Yang menjadikan Tahu Tek Pak Ali ini khas adalah petisnya yang kerasa banget. Tahu Tek Pak Ali ini sudah ada sejak dahulu dan sudah jadi langganan artis-artis yang mau nyoba tahu tek. Selain Tahu Tek Pak Ali sebenernya masih banyak Tahu Tek yang enak silahkan anda cari-cari sendiri ya.

Tahu Tek ini biasanya dimakan malam hari, penjual keliling maupun warung Pak Ali juga mulai berjualan di sore hari hingga malam hari. Mungkin kalau di restoran-restoran ada juga di siang hari. Kalau saudara-saudara mampir Surabaya, jangan lupa nyobain nih makanan.

Lain waktu saya akan bahas juga kuliner-kuliner khas Surabaya lainnya.

1 komentar: